Kamis, 16 April 2015

Asyiknya Magang di Puspadanta Minggu ke- 4

Pengalaman yang Tak Terlupakan

Tiga minggu sudah terlampaui prakerin di Puspadanta. Asyiknya tak terbayangkan. Ilmu pun tak terhitung banyaknya. Pada minggu ke empat ini aku mempunyai banyak ilmu dan pengalaman baru yang kudapat. Nah pada minggu keempat ini aku mendapat ilmu dan pengalaman edit poster garda, edit tayangan sudut jogja & jateng, liputan feature, dan liputan ke Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Gambar 4.1 Take Shoot Feature
Senin tanggal 23 Maret 2015 aku di Puspadanta mendapat tugas membuat poster garda. Tugas ini sudah aku cicil hari sabtu yang lalu. Nah hari senin ini aku bersama garda ku foto di ruang green screen untuk foto poster. Hemz sampai siang akhirnya selesai juga fotonya. Setelah foto kami bergantian menggunakan komputer untuk mengedit poster. Aku bingung mau membuat layout p[oster seperti  apa, namun itu tak berlarut-larut. Aku pun segera mendapat solusi dan ide. Akhirnya poster ku pun selesai. Dan sudah siap untuk melanjutkan tugas selanjutnya.
Nah pada hari selasa aku mendapat tugas mengedit tayangan sudut jogja & jateng yang akan ditayangkan hari rabu mendatang. Aku serius dan fokus mengeditnya karena itu untuk tayangan televsi kesempatan menegedit inilah salah satu kebanggaan ku. Disinilah aku berlatih untuk belajar serius dalam mengedit video. Dan ini juga akan dilihat oleh khalayak umum. Aku sih sudah bisa mengedit video Cuma kekurangan ku dalam segi waktu. Aku belum bisa mengerjakan dalam waktu yang cepat. Nah dengan kesempatan-kesempatan inilah aku bisa melatih diriku untuk belajar mengedit dengan cepat dan deadline waktu yang sudah ditentukan.
Karena penggunaan komputer harus bergiliran setiap dua jam sekali aku bergantian dengan teman ku. Disela-sela aku harus bergantian aku mengerjakan tugas ku membuat narasi feature. Aku mengambil obyek Monumen Perjuangan TNI AU Ngotho. Aku browsing semua tentang monument dan segera aku buat narasi.  Nah hari Selasa ini aku pun selesai membuat narasi. Namun editing video ku belum selesai maksimal. Nah aku selesaikan di hari rabunya.
Aktivitas selanjutnya di hari Rabu tepatnya tanggal 24 Maret 2015 aku melanjutkan editingku dan menilaikan ke Mas Tyas. Ehem akhirnya finish juga dan tinggal di mastering sama mas Ikang. Selesai sudah tugas editingku. Senang sekali editing kedua ku bisa ditayangkan lagi di televisi.
Nah pada hari berikutnya yakni, Kamis dan Jumat aku menemani teman ku take shoot feature. Yakni ke Manding dan juga Kasongan. Nah pada liputan ini aku punya pengalaman yang tak terlupakan nih kawan. Ternyata untuk  bersosialisasi dengan masyarakan umum itu tidaklah mudah. Contohnya di Manding ada perusahaan yang menerima kedatangan kami dengan hormat dan ada juga yang menerima kami dengan cuek.  Tapi yam au bagaimana lagi inikan tugas, kita harus belajar menghormati orang tersebut dalam keadaan apapun. Tapi setelah kami berusaha ramah tamah ternyata pemilik usahanya juga ramah kepada kita. Yes berhasil deh kita bisa bersosialisasi dengan orang lain. Yah walaupun awalnya menyakitkan hati tapi akhirnya bisa meluluhkan sifat cuek pemilik usaha tersebut.
Lain halnya dengan di Manding di Kasongan orang-orangnya baik pemilik usaha maupun karyawan pada ramah tamah, disini kami enjoy sekali take shoot videonya. Tapi apadaya, ternyata baru sebentar disini hujan mengguyur dengan derasnya. Yah-yah tidak bisa melanjutkan take shoot video dah. Apa lagi jalannya banjir. Kami pun berteduh diemper rumah warga, nah disitu tuh kebetulan jalan tikungan. Dan saat banjir airnya menggenang dalam kira-kira selutut orang dewasa. Setiap ada motor atau mobil yang lewat airnya bergelombang besar. Sambal bergurau nih bayangkan saja kita baru di pinggir pantai, emzzz. Eh… eh… tiba-tiba ada pengendara itu motornya macet. Yang bikin ketawa tugh pengendaranya berkendara cepat dan sombong gitu eh… eh… tiba-tiba macet. Ha… ha… ha… pada ketawa semua. Euish pengalaman yang tak terlupakan banget.
Nah kemudian di hari Sabtu aku satu garda di tugaskan untuk ikut liputan di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Baru kali ini kami ditugaskan liputan satu garda. Nah sesampainya di UST kami dibagi menjadi tiga kelompok. Asri di ruang satu, aku dan Rina di ruang dua, dan Asri dan laras di ruang tiga. Awalnya tegang banget karena baru pertama kali ini ikutan liputan dinas. Apalagi ini acara lomba. Seperti apa ya lombanya? Itulah yang kami pikirkan. Udahlah yang penting masuk ruangan apa aja yang ada di dalam di tulis.
Wah ternyata ini lomba inovasi teknologi mahasiswa. Asyik banget bisa tambah pengetahuan banyak sekali. Mereka mempunyai inovasi yang unik-unik. Tipe presentasi pun  berbeda-beda. Kebetulan banget aku juga minggu depan akan mengikuti lomba karya ilmiah. Yah lumayan bisa menambah pengetahuan. Jadi aku besok bisa lebih siap.
Lomba inovasi teknologi mahasiswa ini diikuti delapan universitas. Ide-idenya sangat unik dan menarik. Mereka pun sangat antusias mengikuti lombanya. Lombanya itu tidak menegangkan karena jurinya pun juga sambal canda tawa gitu  jadi acara lebih unik dan menarik. Lomba ini selesai sampai pukul 12.00 WIB. Biasalah kalau liputan pasti mendapat makanan. Karena aku puasa aku pulang duluan sama Pak Nono.
Di perjalanan pulang pun asyik banget diajak cerita gitu sama Pak Nono. Selain itu juga diberi beberapa pengetahuan tentang feature, tempat pariwisata dll. Aku juga diajak menengok di gedung puspadanta dua yang masih dalam tahap pembangunan. Disitu bercanda tawa gitu sama pak tukang. Wuish pengalaman yang benar-benar tak terlupakan.

Inilah asyiknya magang di Puspadanta selain mendapat ilmu juga mendapat berbagai pengalaman yang bisa buat bekal di masa depan. Yang tak terlupakan nih juga bisa berkeliling Jogja, jadi bisa lebih mengenal Kota kita tercinta daerha Istimewa Yogyakarta.

4 komentar:

  1. Haahaha .. tetap lanjutkan kak !

    BalasHapus
  2. waaaa pengalaman yang menarikkk.. semagaaat terus eaaak.........:)

    BalasHapus
  3. Pengalamannya menarik kakak.... terus semangat ya kakak asni

    BalasHapus
  4. pengalamannya menarik kak. sip sip

    BalasHapus

SILAHKAN KALO MAU BERKOMENTAR,,
MUMPUNG GAK DILARANG...