Selasa, 07 April 2015

Asyiknya Magang di Puspadanta Minggu ke-1

Jerih Payahku Take Shoot 20 Angle


Gambar 1.2 Take Shoot 20 Angle
Kusambut hari kedua prakerin dengan penuh semangat. Sampai di Puspadanta terus pada berkumpul di ruang depan sambil canda tawa. Agenda hari kedua ini take shoot video 20 angle. Sebelum masuk materi 20 angle kami menyaksikan stand up komedi dari SMK Purwokerto dan Sragen. awalnya tidak menyangka ternyata mereka bisa tampil dengan bagus, padahal dilihat orangnya itu pendiam. Terus aku pun berfikir “Wah ternyata di Puspadanta benar-benar dilatih untuk berkarya, buktinya teman-teman dari Purwokerto dan sragen yang terlihat pendiam bisa perfome menampilkan karyanya dengan bagus. Berarti jika aku disini berlatih dengan sunggguh-sungguh aku juga bisa mengembangkan bakat-bakatku khususnya  dibidang pertelevisian.
Setelah Stand Up Comedy kami diberi materi take shoot 20 angle. Mulai dari teknik-teknik memegang handycam, syarat-syarat video yakni video tidak boleh goyang, minimal berdurasi 10 detik, angelnya bagus dan 20 angel ini terdiri dari medium, close up dan longshoot.
Setelah penyampaian materi semua pada yakin bisa mengambil video sesuai persyaratan. Nah langsung dibagi obyek-obyeknya supaya tidak ada obyek yang sama. Nah setelah terbagi obyeknya langsung praktik pengambilan video karena waktunya juga terbatas. Semua langsung bergiliran menuju obyek yang dipilih.
Aku bersama kelompokku langsung menuju tempat tujuan bersama-sama dan saling memberi masukan supaya hasilnya bagus. Semua sudah take shoot di cek di handycam hasilnya tidak begitu goyang. Nah kami lumayan tenang dan lega terus kembali ke Puspadanta karena hari juga sudah sore. Ternyta sesampainya di Puspadanta teman-teman dari SMK Negeri 1 Klaten masih banyak yang belum take shoot karena handycamnya battraynya cepat habis. Mereka pun jadi gugup setelah tahu kalau dari SMK ku sudah selesai semua. Dan deadline waktu yang ditentukan sudah hampir habis. Nah ternyata setelah lebih dari pukul 15.00 WIB kami diberi perpanjangan waktu satu hari lagi. Nah senang sekali rasanya dan besok jika masih ada yang goyang masih ada kesempatan untuk mengulang.
Hari berikutnya pagi-pagi SMK Negeri 1 Klaten sudah mengambil take shoot video. Karena anak-anak SMK ku sudah selesai mereka semua bersantai-santai di Puspadanta sambil bercanda tawa. Karena kami sudah tidak ada kegiatan kami disuruh menilaikan narasi dengan tema kerajinan, wisata dan kuliner kepada Bunda. Kami pun bergiliran menilaikan hasil karya masing-masing. Bagi yang naskahnya belum selesai dan belum benar kami disuruh merevisi. Nah saat giliranku aku masih ada rasa takut menilaikan karyaku. Tapi aku berusaha meyakinkan diriku. Alhamdulillah naskahku sudah bagus Cuma kurang pada bagian penutup. Aku pun bersegera untuk memperbaiki naskahku.
Nah pukul 14.00 WIB kami disuruh ke ruang atas untuk menilaikan perbaikan naskah kepada mbak Ruly. Dalam memperbaiki naskah kami juga dibimbing sama teman prakerin yang lebih dahulu di Puspadanta yakni Mbak Sri dan Mbak Okta. Kami dibimbing dengan serius. Nah yang sudah selesai langsung bisa menilaikan ke Mbak Ruly. Alhamdulillah naskahku yang berjudul “Sentra Pembuatan Wayang Kulit Desa Wukirsari” mendapat nilai B.
Setelah menilaikan narasi kami juga menilaikan hasil take shoot video. Yakin banget kalau hasil take shoot yang goyang Cuma sedikit. Eh eh ternyata setelah dikoreksi Cuma di ACC 1 video. Wow syok banget. Yah kesalahan take shoot video dikalikan dua kali, yah hutang 38 angel deh. Dan kalau besoknya masih salah dikalikan dua kali lagi. Waduh duh semangatku agak menurun.
Keesokan harinya aku dan teman-temanku berangkat lebih pagi supaya dapat menyelesaikan take shoot dan tidak dikalikan dua lagi. Eh eh ternyata battray kameranya cepat habis dan harus charger berulang kali. Sampai pukul 12.00 WIB baru dapat 3 orang. Wuish ada juga yang marah-marah kesal dan ada juga yang badmood. Kacau banget deh hari ini. Sampai pukul 16.00 WIB masih kurang 2 orang yang belum take shoot. Pada gugup semua deh. Alhamdulillah diberi perpanjangan waktu satu hari lagi.  
Hari berikutnya masih menyelesaikan take shoot. Karena aku sudah selesai take shoot 38 angel terus aku dikoreksi sama Mas Ikang. Eh eh ternyata masih kurang 17 angel. Hari itu juga aku langsung ngambil video untuk membayar kekuranganku. Karena itu hari Jumat jadi ya ada waktu untuk bergantian. Nah ketika yang cowok sholat jumat, aku bertiga bersama Tuti dan Farida take shoot video lagi. Kemudian setelah jumatan gantian yang cowok yang take shoot video.  Nah hasil take shoot ku langsung aku nilaikan ke Mbak Sri, nah ternyata cuma kurang 8 shoot. Aku un memutuskan untuk take shoot di hari berikutnya karena juga sudah capek.
Nah pada hari Sabtu ini aku dan teman-teman berniat untuk menyelesaikan take shoot video supaya hari minggu bisa libur karena di SMK ada acara pengajian. Sampai sore itu semua bergantian menyelesaikan kekurangan  take shoot  video. Mungkin karena capek ada juga yang kebawa emosi. Karen ahari itu juga hujan ada yang menyelesaikan take shoot video di Puspadanta.
Hari Sabtu ini teman-teman dari klaten juga pulang ke rumahnya masing-masing. Farida, Tuti dan Andrey mengantar sampai terminal Giwangan. Hari itu hujan sangat lebat mereka bertiga basah kuyup padahal take shoot videonya juga belum selesai. Alhamdulillah aku nilaikan ke Mbak Sri videoku sudah lulus. Aku pun tetap menunggu Farida da Tuti untuk menyelesaikan tugasnya sekalian menunggu hujan reda. Nah akhirnya mereka juga sudah lulus. Aku bertiga nekad pulang hujan-hujanan karena hujan juga tidak ujung reda.
Kemudian hari, di hari Senin  sudah tenang-tenang karena video sudah lulus. Eh ternyata dikoreksi lagi sama mas Tyas dan Mas Ikang. Haduh lagi-lagi aku kurang 18 angel shoot. Hari itu berniat pokoknya hari itu bisa lulus. Aku langsung bergantian take shoot video. Hampir pukul 15.00 WIB take shoot video ku dikoreksi sama Mas Ikang yah lumayan Cuma kurang lima angel.
Pukul 15.00 WIB kami disuruh berkumpul di ruang atas karena ada materi dari Pak Ali. Kami pun bersegera ke ruang atas. Disini kami ditanya bagaimana hasil take shootnya, apa sudah lulus semua apa belum. Kalau yang belum selesai tugas take shoot video kekurangannya dikalikan dua. Dan yang sudah lulus langsung bisa melanjutkan tugas editing video. Waduh aku mulai gugup lagi, karena aku Cuma kurang 5 angel. Disamping tugas tambahan editing video juga diberi tugas edit label dan cover DVD yang harus dikumpulkan hari rabu. Bagi yang hari rabu tidak lulus edit label dan cover DVD ditambahi tugas edit koran 12 halaman. Wuish pada gugup semua.
Hari berikutnya aku berangkat pagi lagi untuk melanjutkan take shoot dan langsung dikoreksi Mas Ikang. Akhirnya cuma kurang satu, ya sudahlah lumayan. Aku langsung take shoot video lagi dan akhirnya aku pun lulus. Senang banget akhirnya. Akhirnya berbagai rintangan dapat terselesaikan juga.

4 komentar:

  1. Terdapat kesalahan dalam penulisan seperti 20 angel dan stand up komedi menurutku seharusnya 20 angle dan stand up comedy
    hehe...wkwkwk

    BalasHapus
  2. Mbak minta kontak nya utk info pkl!!!!!!

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Mba asniyati. Nomernya masih ini ga ya. Mnta ni wa cba mau tany tanya

      Hapus

SILAHKAN KALO MAU BERKOMENTAR,,
MUMPUNG GAK DILARANG...