Senin, 06 April 2015

Asyiknya Magang di Puspadanta Minggu ke- 1

Pengalaman Pertamaku di Puspadanta


Gambar 1.1 Puspadanta
Perkenalkan nama ku Asniyati Hanifah dari SMK Negeri 1 Bantul. Senin 2 Maret 2015, inilah hari pertama aku prakerin di Puspadanta. Aku prakerin bersama 5 teman sekelasku, yakni Tuti, Farida, Andrey, Jeffta, dan Ibnu. Rasa sedih pun juga merasuk jiwaku, karena selama 2 bulan ke depan aku harus menyelesaikan prakerin dan harus berpisah dengan guru dan teman-teman SMK Negeri 1 Bantul. Namun kesedihan itu tidak berlarut lama karena di Puspadanta aku mendapat teman baru dari SMK Negeri 1 Klaten, yakni Rina, Laras, Erlin, Priska, Vina, Ima, Amel Putri, Riska, Asri, Rahma dan Diah. Walaupun belum begitu kenal mereka sudah bercanda tawa bersama-sama. Wuish orangnya ramah, lucu dan kece.
Pukul 08.00 WIB aku masuk ke ruang tengah Puspadanta, awalnya sih rasanya masih agak takut gitu. Memang ya kalu aku belum begitu kenal masih agak canggung mengajak ngobrol. Di ruang tengah Puspadanta ini kami saling canda tawa. Anak-anak dari SMK ku juga masih agak pada pendiam. Terus ada yang bilang gini “ Wah kok pada diam? Ceritanya jaga image ya” Terus  pada ketawa semua. Akhirnya anak-anak SMK ku juga ikut beradaptasi dengan mereka. Dan tak terasa juga ikut terlarut dalam canda tawa.
Setelah beberapa menit bercanda tawa, bunda pun datang. Kemudian gantian ngobrol sama bunda. Ya ngobrolin tentang kegiatankegiatan di Puspadanta, registrasi dan peentuan penggunaan seragam. Itupun ngobrolnya juga sambil canda tawa. Jadinya seru banget.
Pukul 09.00 WIB kami disuruh berkumpul di ruang atas. Di tempat inilah aku berkenalan dengan pemilik PH Puspadanta, beliau bernama Ali Masrum. Disini dijelaskan lebih detail tentang Puspadanta. Dan ketika tahu kalau di Puspadanta ini anak-anak Prakerin akan lebih dilatih beberapa keahlian tentang produksi televisi wuish inilah bisa menambah semangatku untuk mencapai impianku yaitu menjadi scriptwriter , editor film dan sutradara. Disini kami diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri satu persatu yang mencakup tentang nama, asal sekolah, impian dimasa depan dan impian di Puspadanta. Perkenala ini pun juga tak luput dengan canda tawa.
Setelah semua sudah memperkenalkan diri kami langsung masuk materi pembuatan naskah berita. Kami diberi tugas untuk membuat naskah berita dengan tema event di sekolah. Aku pun mngambil judul “ Lomba Hadroh Tingkat SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Bantul”. Kami diberi waktu penulisan dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00WIB. kami pun menuiskan ide masing-masing dengan penuh antusias. Tadi yang awalnya masih bercanda tawa menjadi senyap sunyi terlarut dalam kefokusan.
Jam dinding sudah menunjukkan  pukul 12.00 WIB, kami pun diberi waktu untuk beristirahat. Semua keuar ruangan untuk makan siang dan sholat dzuhur. Aku bersama kelima temanku mencari masjid dan membeli minuman es kelamud di selatan lapangan Jejeran sambal menikmati desiran angina yang sejuk dan juga sambal bercanda tawa.
Tak terasa sudah pukul 12.50 WIB kami kembali ke Puspadanta. Di ruang depan lagi-lagi kami bercanda tawa sambilmenunggu teman yang belum masuk. Dan setelah semua berkumpul kami segera naik ke ruang atas untuk melanjutkan materi.
Materi kali ini disampaikan oleh Mabak Ruly, yaitu mempelajari vocal yang digunakan untuk siaran. Diantaranya suara senyum atau smiling voice, suara perut, suara tengah, suara ujung, dan suara raksasa. Kami diberi satu kalimat untuk dipraktekkan menggunakan 4 tipe suara tersebut. Pada materi ini semua tak luput dari ketawa karena suaranya lucu-lucu dan masih pada salah-salah gitu. Kami pun disuruh mengulang beberapa kali sampai kita bisa.
Setelah mempelajari olah vocal kami mempresentasikan naskah yang sudah ditulis. Semua maju satu persatu. Yang masih ada kesalahan-kesalahan diberi masukan sama mbak Ruly. Nah giliran aku maju, entah kenapa rasanya agak minder. Padahal disekolah sudah biasa maju di depan kelas. Ku bacakan naskah beritaku. Alhamdulillah kata Mbak Ruly bertianya sudah  bagus. Wah inilah yang menjadi penambah semangat agar aku lebih giat menulis.

Inilah beberapa pengalamanku yang pertama di Puspadamta. Baru hari pertama saja sudah menerima ilmu yang lumayan banyak. Senangnya bisa mendapat ilmu baru dengan penuh kebersamaan dan canda tawa. Ilmu yang kudapat ini juga melatih diriku untuk lebih percaya diri dalam dalam menampilkan sebuah karya.

5 komentar:

  1. Iiiihhh Asniyati lucuu bangett siihh !!!! Hahaha .. banyak wuish wuish nyaaa.. semangat terus yaa Asni :)

    BalasHapus
  2. Iiiihhh Asniyati lucuu bangett siihh !!!! Hahaha .. banyak wuish wuish nyaaa.. semangat terus yaa Asni :)

    BalasHapus
  3. ciyeeh pengalamannya menarik!!! spirit asniyati hanifah :)

    BalasHapus
  4. semangat ya kakak.. ceritanya menarik...

    BalasHapus

SILAHKAN KALO MAU BERKOMENTAR,,
MUMPUNG GAK DILARANG...