Senin, 13 April 2015

Asyiknya Magang di Puspadanta Minggu ke-3

Tak Seperti yang Ku Duga
        
    Prakerin, inilah program sekolah yang aku jalani saat ini. Aku jalani prakerin ini dengan asyik, seru dan penuh kebersamaan yang harmonis. Hingga tak terasa dua minggu telah terlewati. Sampai tak sadar kalau aku telah menerima banyak ilmu baru. Ilmu tersebut pun terus mengalir dan terus bertambah tiada henti.
Gambar 3.1 Edit Titling dan Coundown
      Memasuki minggu ke tiga ini aku menerima materi baru dari Pak Ali, yaitu membuat titling dan coundown. Biasalah kita berkumpul di ruang atas untuk pembelajaran materi. Tapi ini perintah berkumpulnya tiba-tiba. Di ruang ini semua anak prakerin merasa tegang, aku berfikir  “Ada apa ya kok tiba-tiba disuruh berkumpul?”. Anak-anak sudah pada takut, dikira mau dimarahi atau apa karena ada beberapa tugas yang belum selesai. Pak Ali membuka pertemuan dengan serius. Anak-anak prakerin pun serius banget memperhatikannya. Setelah salam Pak Ali sambil senyum-senyum gitu. Eh... eh... ternyata pada pertemuan ini Pak Ali akan menyampaikan ilmu baru, yaitu titling dan coundown text.
Pada pertemuan ini Pak Ali menyampaikan materi secara detail , mulai dari awal sampai akhir. Sampai sekarang pun aku masih ingat bagaimana cara membuatnya. Untuk yang titling kita harus memasukkan logo sekolah, nama sekolah, nama kita, durasi, dan keterangan kalau itu untuk  tugas akhir. Adapun cara pembuatan titlingnya sebagai berikut:
1      1. Mencari background, logo, dan backsound yang akan digunakan.
2     2.  Kemudian buka aplikasi adob premier.
3      3. Import background, logo, dan backsound yang akan digunakan.
4      4. Insert background ke tool timeline.
5      5. Buat title: nama sekolah, nama kita, durasi, dan text “Tugas Akhir Prakerin”.
6     6.  Insert title logo dengan layout paling atas dan bagian tengah, tambahkan effect sesuai keinginan.
7    7. Kemudian insert title nama sekolah, nama kita, durasi, dan text “Tugas Akhir Prakerin” tambahkan effect sesuai keinginan.
8     8.  Insert backsound
Nah sekiranya seperti itu cara membuat titling, sedangkan untuk membuat countdown berikut caranya:
1    1.  Buat title dengan tulisan angka 1-5, dengan layout ditengah, ukuran 80%.
2   2. Insert title tersebut secara berurutan dari title angka 1-5. Semua title ditambahkan effect zoom pada depannya dan effect cross zoom pada belakangnya.
3  3. Nah countdown sudah jadi, jika ingin mempercantik bisa ditambahkan juga animasi yang dapat dibuat di aplikasi adob after effect.
Wuish caranya sih memamng simpel, tapi kalau kita benar-benar bisa mengembangkan dengan kreatif hasilnya pun akan lebih maksimal. Nah pada tugas ini anak-anak prakerin sangat antusias. Karena tugas ini anak-anak prakerin baru asyik-asyiknya belajar adob premier. Selain itu pemakaian komputer juga sudah dibagi berdasarkan garda. Jadi ya pada rebut-rebutan gitu jadinya. Tapi dengan seperti ini kita bisa belajar management waktu.
Sehari usai akhirnya satu garda ku sudah selesai semua mengerjakan titling dan countdown. Nah habis maghrib tinggal menilaikan ke Pak Ali. Cieh… cieh… Alhamdulillah semua anggota garda ku sudah ke ACC semua. Nah aku pun juga mendapatkan nilai B+.
Kesimpulannya nih, kita tidak boleh menduga yang tidak-tidak sebelum benar-benar terjadi. Yang kita duga dikira mau di marahin atau apalah eh ternyata kita justru diberi ilmu baru. He.. he… maaf ya Pak Ali kemaren uda positif  thinking dulu, dikira kitanya mau di marahi karena belum menyelesaikan tugas semua. Padahal marahnya Pak Ali itu adalah motivasi yang baik untuk masa depan kita  lho. Terima kasih banyak Pak Ali atas ilmu dan motivasi yang telah diberikan.



0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KALO MAU BERKOMENTAR,,
MUMPUNG GAK DILARANG...